Component

Generator inverter saat ini semakin dikenal karena menjadi genset alternatif yang memiliki bobot ringan dan tidak menghasilkan suara yang keras. Pada umumnya, sebuah genset akan menghasilkan suara yang cukup keras ketika beroperasi, lantas bagaimana sebuah genset inverter dapat beroperasi dengan suara yang tenang ?

Dibawah ini adalah alasan mengapa genset inverter bersuara pelan dan bagaimana komponen genset tersebut dapat meredam suara keras..

Sistem Mekanis

Sebuah genset inverter menghasilkan listrik dalam 3 kali proses, arus AC dengan frekuensi tinggi, dikonversi ke dalam arus DC (Direct Current), dan kemudian membalikkan (inverted) ke dalam arus AC dengan tegangan yang lebih stabil.

Arus DC adalah arus searah, dan salah satu faktor sebuah genset menghasilkan suara berisik secara konstan. Namun, dalam proses terakhir pada proses genset inverter, arus AC yang dihasilkan hampir stabil secara sempurna, sehingga tidak menghasilkan suara berisik.

Proses ini memberikan komponen genset lebih banyak kontrol atas kekuatan, tegangan, dan frekuensi. Inilah sebabnya mengapa sebuah genset inverter dapat berjalan pada 3600 RPM secara konstan, dan juga mengatur kekuatannya agar sesuai dengan beban.

Faktor yang juga mengurangi tingkat kebisingan dari genset inverter adalah sebuah mesin dengan ukuran yang lebih kecil dengan output daya yang lebih rendah. Mesin ini sangat berbeda dengan mesin genset konvensional.

Desain Genset

Para produsen mencoba mendapatkan lebih banyak keuntungan lebih tinggi dengan ditambahkannya komponen genset yang tidak bisa kita jumpai di genset konvensional. Penambahan komponen tersebut salah satunya adalah sebuah muffler atau biasa disebut sebagai Silencer.

Sejatinya, sebuah muffler juga tersedia untuk beberapa generator konvensional namun komponen ini tidak didatangkan dalam satu paket dengan genset. Cukup sedikit para pemilik generator memasang muffler di genset konvensionalnya, karena alasan kesehatan dan keselamatan yang terjadi akibat muffler rusak.

Muffler pada genset inverter adalah sebuah komponen yang sering digunakan sebagai peredam suara yang dihasilkan dari komponen sistem pembuangan atau exhaust system. Komponen ini diklaim dapat meredam suara hingga 10 desibel atau lebih.

Bahan Frame dan Casing

Generator konvensional yang membuat kebisingan disebabkan oleh pembakaran bahan bakar internal, dan mesin bergerak hingga 3600 RPM secara konstan. Serta, belum adanya frame atau casing yang bisa meredam suara bising tersebut menjadikan suara bising terjadi secara keras.

Bahan frame tersebut terbuat dari bahan isolasi khusus yang dapat meredam suara bising agar tidak keluar dari mesin genset. Casing dalam genset inverter juga didesain lebih tertutup dari pada genset konvensional yang membuatnya tahan terhadap penyebaran gelombang suara.

Genset inverter yang didesain dengan komponen genset berteknologi tinggi yang dapat mengonversi arus AC-DC secara stabil, serta dengan muffler dan casing rapat membuat tingkat kebisingan menjadi lebih rendah.

Leave a Response