solar panel

Kebutuhan akan energi listrik adalah suatu hal keseharian, dan biasanya dipenuhi dari daya listrik dari PLN atau untuk daerah yang belum teraliri listrik maka alternatifnya ialah dengan menggunakan minyak tanah, atau genset. Ada juga suatu daerah yang secara kreatif memanfaatkan tenaga aliran sungai atau air terjun, atau memakai energi angin atau dari sampah, dari aki, dari tenaga surya dan lain sebagainya. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah energi alternatif dari sinar matahari, yakni dengan menggunakan solar panel Indonesia, sebagai berikut.

Apa itu Solar Panel

Solar panel atau Solar Cell, atau Panel Surya adalah suatu perangkat yang  memungkinkan pemanfaatan energi dari terik sinar matahari untuk diubah menjadi energi guna berbagai keperluan rumah tangga sehari-hari.

Cara Kerja Solar Panel

Solar Panel tadi mengubah energi cahaya sinar matahari menjadi energi listrik dengan mempergunakan prinsip efek Photovoltaic. Jadi tegangan listrik yang timbul adalah merupakan hasil hubungan ataupun kontak antar dua buah elektroda yang dihubungkan dengan sistem padatan atau cairan pada saat mendapatkan energi cahaya. Oleh karenanya maka sel pada solar Panel sering disebut sebagai Sel Photovoltaic atau PV. Efek Photovoltaic tersebut ditemukan oleh seorang yang bernama Henri Becquerel sekitar tahun 1839. Solar

Panel terdiri dari sel-sel surya PV yang disusun secara seri serta paralel. Sel surya itu terbuat dari bahan khusus semikonduktor yakni silikon. Pada saat sinar cahaya mengenai sel silikon tersebut, maka sinar cahaya matahari lalu akan diserap oleh sel silikonnya. Lalu energi yang tersimpan dalam semikonduktor tadi akan mengakibatkan elektron lepas dan lalu mengalir dalam semikonduktor. Elektron yang mengalir itu merupakan arus listrik. Guna mendapatkan arus itu maka setiap sel surya harus dihubungkan, yang lalu diarahkan ke suatu terminal + serta -. Pada umumnya satu sel surya dapat menghasilkan tegangan arus DC sebesar 0,5 volt hingga 1 volt, serta juga arus short-circuit. Besarnya tegangan serta juga arus tersebut belumlah cukup untuk diaplikasikan secara langsung, oleh karenanya sejumlah sel surya disusun membentuk suatu solar panel Indonesia dengan secara seri guna memaksimalkan kerja sel surya. Kebanyakan, solar panel akan terdiri dari sekitar 28 hingga 72 buah sel surya. Sehingga bisa menghasilkan tegangan arus listrik DC sebesar sekitar 12 volt hingga 38 Volt dalam kondisi cahaya sinar matahari standar di siang hari yang cerah. Solar panel tersebut dapat digabungkan dengan secara seri maupun paralel guna memperbesar tegangan serta juga arus pada output sesuai daya yang diperlukan.

Itulah cara kerja solar panel Indonesia, sebagai salah satu alternatif penghasil daya listrik selain dari PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Leave a Response